Senin, 02 April 2012

Wawasan Nusantara

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara keanekaragaman memerlukan suatu perekat agar bangsa yang bersangkutan dapat bersatu guna memelihara keutuhan negaranya. Kehidupan negara senantiasa dipengaruhi perkembangan lingkungan strategi sehingga wawasan harus mampu memberi inspirasi pada suatu bangsa dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan yang timbul dalam mengejar kejayaanya. Wawasan nasional dibentuk dan dijiwaioleh paham kekuasaan dan geopolitik yang dianut oleh negara yang bersangkutan. Wawasan nasional indonesia dikembangkan berdasarkan wawasan nasional secara universal sehingga dibentuk dan dijiwai oleh paham kekuasaan dan geopolitik yang dipakai negara Indonesia.
Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam. Hakekat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara/nasional, dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara dan demi kepentingan nasional. Berarti setiap warga bangsa dan aparatur negara harus berfikir, bersikap, dan bertindak secara utuh menyeluruh dalam lingkup dan demi kepentingan bangsa termasuk produk-produk yang dihasilkan oleh lembaga negara.
Fungsi wawasan nusantara adalah pedoman, motivasi, dorongan serta rambu-rambudalam menentukan segala kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan perbuatan, baik bagi penyelenggara negara ditingkat pusat dan daerah maupun bagi seluruh rakyat dalam kehidupan bermasyartakat, bernegara dan berbangsa. Tujuan wawasan nusantara adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi disegala bidang ari rakyat indonesia yang lebih mengutamakn kepentingan nasional dari pada kepentingan orang perorangan, kelompok, golongan, suku bangsa atau daerah.

Pendapat
Menurut saya kehidupan negara senantiasa dipengaruhi perkembangan sehingga diperlukannya wawasan yang dapat memberi inspirasi pada suatau bangsa dalam menghadapi hambatan dan tantangan sehingga dapat mengejar kejayaan atau kemajuan.

Saran
Warga negara Indonesia harus mengikuti perkembangan sehingga dapat memberi wawasan inspirasi pada bangsa dan menjadikan bangsa kita berkembang menjadi lebih baik menuju kejayaan dan kemakmuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar