Jumat, 05 Oktober 2012

Pentingnya Segmentasi Pasar Pada Perusahaan terhadap Produknya

Pentingnya Segmentasi Pasar Pada Perusahaan terhadap Produknya

A. Latar Belakang

Suatu pasar itu terdiri dari banyak pembeli dan pembeli berbeda dalam banyak hal karena memiliki kebutuhan dan prilaku yang berbeda-beda. Maka dari perbedaan tersebut menunjukan bahwa suatu pasar produk tidak homogen, tetapi heterogen. Hal inilah yang mendorong suatu perusahaan untuk melakukan segmentasi pasar, agar tercipta pengelompokan pembeli dalam suatu pasar yang memiliki kebutuhan dan perilaku yang sama. Latar belakang dibentuknya segmentasi pasar bagi perusahaan agar memungkinkan perusahaan lebih terfokus dalam mengalokasikan sumber daya sehingga lebih efektif, kedua mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita dipasar, ketiga merupakan basis untuk menentukan komponen-komponen strategi, taktik dan value secara keseluruhan, dan yang keempat merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing.

B. Rumusan Masalah

Untuk mengetahui mengapa Produsen melakukan segmentasi pasar.

C. Tujuan

Dengan dibuatnya tulisan ini bertujuan untuk mengetahui mengapa produsen melakukan segmentasi pasar apa alasnnya, serta strategi untuk melakukan segmentasi pasar sehingga strategi segmentasi pasar tersebut dapat berjalan dengan baik.

D. Pembahasaan

Segmentasi pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang suatu pasar secara kreatif. Kita perlu secara kreatif mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar (Hermawan Kertajaya). Alasan mendasar segmentasi pasar adalah bahwa konsumen memiliki perbedaan kebutuhan dalam setiap produk dan oleh karenanya konsumen akan memberikan reaksi yang berbeda untuk setiap produk yang ditawarkan kepadanya. Agar segmentasi pasar dapat bermanfaat dengan baik maka harus memenuhi beberapa karakteristik strategi segmentasi pasar dibawah ini:
a. Concentrated segmentation Segmentasi yang terkonsentrasi dengan mengarahkan satu jenis produk untuk satu segmen pasar. Itulah sebabnya segmentasi terkonsentrasi sering disebut sebagai strategi ceruk pasar (niche market strategy)
b. Differentiated segmentation Dalam strategi segmentasi yang dilakukan pembedaan, perusahaan memperkenalkan produk yang berbeda untuk beberapa segmen pasar. Tentunya strategi segmentasi semacam ini memerlukan sumber daya yang lebih besar untuk dapat melayani setiap segmen yang dipilih.
c. Undifferentiated segmentation Strategi segmentasi yang tidak mengharuskan pembedaan ini terjadi apabila perusahaan mengarahkan produk yang sama untuk beberapa segmen pasar secara simultan. Penggunaan terminologi ini kadangkala menimbulkan kontradiksi. Karena segmentasi itu sendiri pada dasarnya membutuhkan spesifikasi dan karakteristik produk yang berbeda untuk setiap segmen.

E. Kesimpulan

Suatu perusahaan melakukan segmentasi pasar pada dasarnya untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah disusun, serta lebih terarah dan sumber daya perusahaan dapat digunakan secara efektif dan efisien. contohnya,dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar, dan perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah. Tetapi segmentasi pasar memliki kelemahan juga yaitu, biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan, dan kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa. Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama.

F. Daftar Pustaka

http://zieravitrii.blogspot.com/2011/10/mengapa-perusahaan-perlu-membuat.html http://ekonomi.kompasiana.com/marketing/2011/11/28/segmentasi-pasar-dan-perilaku-pembelian-konsumen/ http://massofa.wordpress.com/2009/03/03/segmentasi-pasar/